Friday, April 15, 2016

Kopi Ijo Kopi Cethe Dan Budaya Nyethe Tulungagung

kebanyakan masyarakat Tulungagung, mempunyai kebiasaan ngopi/ kopi! dan itu sudah umum sebagai masrakat Indonesia. tapi di sini kami membahas kota Tulungagung...

kopi ijo atau kopi kacang hijau sebagai bahan dasar dan kopi brontoseno, dua merek kopi itu hanya ada disekitar kota tulungagung, kediri, dan trenggalek, sudah tidak asing mendengar dua merek kopi itu, sebagai bahan dasar cethe rokok.

kopi cethe sebagai budaya Tulungagung cethe. kebiasaan salah satu kota di sebelah selatan Jawa Timur, salah satu kota penghasil batu alam, marmer. bicara Tulungagung tak lengkap bila tak bicara tentang cethe, cethe adalah kopi, sedangkan kopi hijau, kopi fermentasi dengan kacang hijau.

kalau di seduh trus di minum semua kopi punya dasar rasa kopi begitu juga kopi hijau khas tulungagung, tapi sebagai pecinta kopi ada yang membedakan, cita rasanya. khas yang membuat lidah tak bisa di bohongi.... rasa kacang hijau, terasa lekat di lidah, memang itu fermentasi dari kacang hijau....

dan apa itu cethe? cethe adalah limbah dari air kopi yang di redam sekitar 1 menit pada air kopi di tuangkan di lepek, itulah cethe.



 gambar cethe 


No comments:

Post a Comment